Minggu, 15 Maret 2020

Lakukan 10 Hal ini Agar Terhindar Dari Wabah Virus Corona

Kemarin malam, kami sekeluarga menghabiskan akhir pekan dengan mengikuti kajian rutin kitab yang dibawakan oleh ustad Fadlan Fahamsyah hafidzahullah. Pada kesempatan kemarin, kebetulan kitab sebelumnya sudah habis dibahas dan kemarin itu ustad hafidzahullah membahas kitab yang ditulis oleh Prof. Dr. Abdurrazzaq bin Abdulmuhsin al-Badr yang berjudul, "10 Wasiat Agar Terhindar dari Wabah" yang berjudul asli ‘Asyru Washoyaa lil-Wiqoayah minal-Wabaa’.

Setelah mendengarkan dan mencatat ke sepuluh wasiat ini, saya sangat bersyukur karena sebagian besar wasiat ini sudah berada di dalam buku dzikir pagi dan petang karya ustad Yazid hafidzahullah yang telah diperintahkan oleh Allah dan Rasulullah agar kita rutin membaca bacaan dzikir ini di waktu pagi dan petang.

Baik, tanpa berlama-lama lagi berikut adalah ke sepuluh wasiat yang perlu diamalkan agar terhindar dari wabah virus Corona ataupun wabah virus lainnya.

1. Membaca Doa Sebelum Datangnya Bala

Dari Utsman bin Affan radhiyaAllahu ‘anhu ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa yang membaca doa “Bismillaahil-ladzii laa yadhurru ma’as-mihi syai-un fil-ardhi wa laa fis-samaa’ wa huwas-samii’ul-‘aliim” (dengan menyebut nama Allah yang dengan nama-Nya segala sesuatu di langit dan di bumi tak akan membahayakan, dan Dia Maha mendengar lagi Maha mengetahui) sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan tertimpa bala’ yang datang secara tiba-tiba hingga tiba waktu pagi. Dan siapa yang mengucapkannya di waktu pagi sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan tertimpa bala’ yang datang secara tiba-tiba hingga tiba waktu sore.”
(HR. Abu Dawud dan yang lain)

Bacaan dzikir ini ada di buku dzikir pagi dan petang ya gaes. Jadi kata ustad Fadlan, jika kita baca dzikir ini di pagi hari sebanyak 3x, maka Insya Allah kita akan dilindungi oleh Allah dari pagi sampai petang. Lalu jika kita membacanya sebanyak 3x di waktu petang, maka Insya Allah kita akan dilindungi dari petang hingga pagi.

Jadi jangan tunggu sampai bala itu datang, baca doanya nih ya gaes biar kita selalu dalam perlindungan Allah subhana wa ta'ala.

2. Memperbanyak Doa “Laa Ilaaha Illaa Anta Subhaanaka Innii Kuntu Minazh-Zhaalimiin”

Ini adalah doa nabi Yunus saat berada di dalam perut ikan paus, gaes! Coba baca firman Allah dalam surat Al Anbiya' ayat 87-88, disana ada kata ٱلظُّلُمَٰتِ yang kata ustad Fadlan, ini tuh berarti kegelapan yang sangat sangat sangat gelap, pokoknya yang paling gelap deh.  Coba saja bayangkan, perut ikan paus berada di dalam ikan paus, ikan paus berada di dalam lautan. Gelap gak? Bangettttt... Ya Allah gak kebayang ya kalau kita berada di posisi itu.

Kata ustad Fadlan, doa ini mengandung 3 makna:
Pertama, "Laa Ilaaha Illaa Anta" yang berarti jika musibah datang, maka tak ada yang bisa menolong kecuali Allah.
Kedua, "Subhanaka", yang berarti kita harus yakin bahwa Allah Maha Suci, musibah datang bukan karena Allah sedang mendzolimi hambaNya. Karena sejatinya musibah datang akibat ulah manusia itu sendiri.
Ketiga, "Innii Kuntu Minazh-Zhaalimiin", kita harus bertaubat saat ada musibah dan memperbanyak istighfar.

Rasulullah bersabda, “Permohonan Dzun-Nun tatkala berada di dalam perut ikan ialah “laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minazh-zhaalimiin” (Tidak ada sesembahan yang hak selain
Engkau, Maha suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim.) Tidaklah seorang muslim berdoa dengan kalimat ini dalam suatu hajat melainkan Allah pasti akan mengijabahinya.” (HR. Imam Ahmad & Tirmidzi)

Allah berjanji akan mengabulkan doa orang yang berdoa dengan doa ini, tapi dengan satu syarat kata ustad Fadlan, orang tersebut berdoa tidak hanya dari lisannya saja, tapi juga sampai ke hatinya. Soalnya banyak ya, termasuk saya, kadang berdoa itu cuma di lisan saja. Naudzubillahi min dzalik.

3. Memohon Perlindungan Dari Allah dari Bala yang Berat

Rasulullah bersabda, “Mohonlah perlindungan kepada Allah dari bala’ yang berat, sebab-sebab kesengsaraan, takdir yang buruk dan kegembiraan musuh. (HR. Bukhari).

Perlindungan yang diajarkan oleh Rasulullah yaitu ta'awuz dalam Al- Falaq, Al Ikhlas, An Nas. Ta'awuz ini dibaca masing-masing 1x selesai sholat dzuhur, ashar, isya. Masing-masing 3x dibaca setelah sholat subuh dan maghrib. Dibaca 3x saat membaca dzikir pagi dan petang. Membaca 3x sebelum tidur (kesepuluh jemari dirapatkan seperti posisi berdoa, lalu ditiup dan dibacakan doa ini lalu diusap ke wajah).

Rasulullah juga mengajarkan doa :

أعوذبكلمات اللّه التّامّات من شرّ ماخلق 
A’uudzu bikalimaatilaahit taammati min syarri maa kholaq.
Artinya : “Aku berlindung dengan kalimat Tuhan yang Maha Sempurna dari semua kejahatan yang dijadikanNya”

Doa ini sering dibaca 3x saat membaca dzikir petang, doa ini yang saya ajarkan ke Qifaya jika dia merasa takut agar diberi perlindungan oleh Allah subhana wa ta'ala.

4. Senantiasa Membaca Doa Keluar Rumah

“Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi, laa haula wa laa quwwata illaa billaahi” (dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal hanya kepada Allah, tiada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah semata).

Orang yang membaca doa ini sebelum keluar rumah, maka dikatakan padanya: Engkau telah mendapatkan petunjuk, diberikan kecukupan dan penjagaan. Setan-setan pun menjauhinya. Setan yang lain berkata kepada mereka: “Bagaimana bisa engkau menyesatkan orang yang telah
mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan?.

HR Abu Dawud.

Nah, selama ini kita keluar dari rumah apakah sempat baca doa pendek ini? Atau ada yang belum hafal nih? Qifaya baru-baru ini selesai menghafal doa ini, alhamdulillah. Sekarang dalam proses membiasakan diri untuk membaca doa ini ketika keluar rumah, meski saat ini masih sering dibacanya pas keluar dari pagar, but its okay, its called process.

5. Mohon Keselamatan pada Allah Pagi dan Sore Hari

“Allahumma innii as-alukal-‘aafiyah fid-dunyaa wal-aakhiroh. Allahumma innii as-alukal-‘afwa wal-‘aafiyah fii diinii wa dunyaayaa wa ahlii wa maalii. Allahummas-tur‘aurootii wa aamin rou’aatii. Allahummah-fazhnii min baina yadayya wa min kholfii, wa‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fauqii, waa’uudzu bi’azhomatika an ughtaala min tahtii,“

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ampunan dan keselamatan pada agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku. Ya Allah, tutuplah auratku dan berilah keamanan pada rasa takutku. Ya Allah, jagalah aku dari arah depanku, belakangku, kananku, kiriku dan dari atasku, dan aku berlindung dengan keagungan-Mu agar terhindar dari bahaya secara tiba-tiba dari arah bawahku.”

Jika sering membaca dzikir pagi dan petang, kita pasti sudah tidak asing dengan doa ini, yes doa ini sering dibaca saat dzikir pagi dan petang. Jadi, tunggu apalagi? Ayo beli buku dzikir pagi dan petang yang ditulis oleh ustad Yazid bin Abdul Qadir Jawas yaa buibu...

6. Memperbanyak Doa

Dari Ibnu Umar radhiya Allahu ‘anhuma ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang telah dibukakan baginya dari kalian pintu doa maka telah dibukakan baginya pintu-pintu rahmat. Dan tidaklah Allah dimintai sesuatu –yakni: yang lebih Dia cintai- daripada dimintai keselamatan.” (HR. Tirmidzi)

Rasulullah juga bersabda, “Sesungguhnya doa dapat memberi manfaat dari sesuatu yang telah terjadi dan dari sesuatu yang belum terjadi, maka itu wahai hamba-hamba Allah hendaklah kalian berdoa.” (HR. Tirmidzi dan yang lain)

Posisi kita yang paling dekat dengan Allah adalah pada saat kita bersujud, karena itu perbanyaklah doa saat kita sedang bersujud pada Allah. Satu hal yang paling utama, berdoalah saat kita sedang merasa senang, agar suara kita dikenal oleh penghuni langit. Bayangkan saja jika kita tidak pernah berdoa kala senang, pas tertimpa musibah baru kita berdoa, kira-kira suara kita dikenal gak? Ah, paling malaikat bilang, "Suara siapa nih? Aneh, gak pernah kedengaran.". Namun jika kita senantiasa berdoa kala senang, maka kala kita susah dan kita memanjatkan doa, maka para malaikat berkata, "saya sering mendengar suara ini", yess suara kita tidak asing lagi dan kata ustad Fadlan, besar kemungkinan doa kita akan dikabulkan, Wallahu'alam.

Kata Rasulullah, Allah paling suka doa hamba yang Aafiyah karena doa ini sudah mencukupi semua apa yang dibutuhkan oleh hambanya (baca poin ke 5), jadi tak perlu berdoa secara spesifik, misal mau mobil tipe ini, merk ini, warna ini karena Allah yang paling tahu kita butuh yang mana. Termasuk tidak boleh juga kita berdoa menyebut nama si Fulan agar menjadi jodoh kita, karena bisa jadi dikabulkan namun si Fulan bukanlah jodoh terbaik untuk kita.

7. Menghindari Tempat-Tempat Tersebarnya Wabah

Dari Abdullah bin Amir radhiyaAllahu ‘anhuma, bahwasanya Umar radhiyaAllahu ‘anhu pernah bepergian menuju Syam. Ketika sampai di daerah Sargh datang kabar kepada beliau bahwa telah tersebar wabah di Syam. Kemudian Abdurahman bin Auf radhiyaAllahu ‘anhu mengabarkan kepada beliau bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Apabila kalian mendengar wabah
ada di suatu negeri maka janganlah kalian mendatanginya, dan apabila wabah tersebut berada di suatu negeri sementara kalian berada di dalamnya, maka janganlah kalian keluar untuk melarikan diri darinya." (HR. Bukhari)

Jadi tidak memasuki wilayah yang terkena wabah tidak termasuk kategori tidak bertauhid ya. Sebab ada dua hal yang boleh dihindari, pertama sebab syar'i yang disebutkan dalam Alquran dan perkataan Rasulullah, kedua adalah sebab yang telah ada penelitiannya. 

Berhubung virus Corona ini telah dikeluarkan penelitian dari para ahli bahwa memang berbahaya, bisa menular lewat sentuhan, dll, maka diperbolehkan bagi kita untuk mematuhi para peneliti ini agar tidak melakukan sebab-sebab penularan virus Corona ini.

8. Senantiasa Berbuat Kebaikan

Dari Anas radhiyaAllahu ‘anhu ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Perbuatan-perbuatan yang baik dapat menghindarkan diri dari kematian yang buruk, berbagai penyakit dan bencana. Orang yang berbuat kebaikan di dunia ia akan dibalas dengan kebaikan di akhirat." (HR. Hakim)

Maka dari itu, teruslah berbuat baik meski tak ada yang memuji kita, lakukan semua ini untuk mendapat ridha dari Allah subhana wa ta'ala.

9. Mengerjakan Sholat Malam

Mengerjakan sholat malam adalah rekreasi bagi orang-orang saleh dan juga mendekatkan diri pada Allah, mencegah diri dari berbuat dosa, pelebur kesalahan, penggugur penyakit pada jasad manusia. 

“Kerjakanlah sholat malam oleh kalian, karena sesungguhnya ia merupakan kebiasaan orang-orang saleh. Sesungguhnya sholat malam dapat mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dari perbuatan dosa, menggugurkan keburukan-keburukan dan mengusir penyakit dari tubuh manusia.” (HR. Tirmidzi)

10. Menutup Tempat Makanan dan Minuman

Dari Jabir bin Abdullah radhiyaAllahu ‘anhuma ia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Tutuplah wadah makanan dan rapatkanlah bejana minuman, karena sesungguhnya dalam setahun ada satu malam dimana wabah akan turun padanya. Tidaklah wabah itu melewati wadah makanan yang tidak ditutup dan bejana minuman yang tidak dirapatkan melainkan ia akan masuk ke dalamnya." (HR. Muslim)

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan: “Cara seperti ini tidak pernah dibahas di dunia kedokteran dan ilmu pengetahuan.” (Zadul Ma’ad)

Sewaktu kecil hingga saat ini, ibu saya sering mengingatkan agar makanan dan minuman selalu tertutup rapat, jangan dibiarkan terbuka sama sekali. Waktu itu saya sering bertanya-tanya, ada apa sih? Namun kata ibu saya, "nanti dikencingi sama jin.", dan ternyata jawabannya ada pada hadits di atas, yaitu dalam setahun akan ada satu malam dimana wabah akan turun padanya dan akan melewati wadah makanan dan bejana air yang tidak dirapatkan,

Jadi buibu, ingat ya untuk menutup rapat makanan dan minuman kita, ini sudah diperintahkan loh oleh Rasulullah, perlu alasan apa lagi? hehehe..

Btw, sepulang dari kajian kemarin saya mendapatkan pdf 10 wasiat ini, yang tentunya jika kalian ingin menyimpannya karena di dalamnya terdapat ayat yang lebih lengkap dari catatan saya, namun di catatan ini tentu saja saya juga memaparkan apa yang dijelaskan oleh ustad Fadlan Fahamsyah hafidzahullah. berikut link pdf nya:
Sampul 10 Wasiat Agar Terhindar Dari Wabah

Nah, itulah ke sepuluh wasiat agar kita terhindar dari wabah penyakit Corona dan penyakit lainnya. Bagaimana? Apakah tidak asing lagi dengan ke sepuluh wasiat di atas? Ataukah masih sangat asing dengan bacaan dizkir dan doa di atas? Jika ya, yuk ah kita beli buku dzikir pagi dan petang, harganya kurang lebih 10rb rupiah saja kok dan bukunya kecil banget jadi bisa dibawa kemana-mana. Silahkan cari toko kesayangan Anda ya... Sampulnya seperti ini mom... 
Buku dzikir pagi petang ustad Yazid edisi terbaru

0 komentar:

Posting Komentar