Minggu, 07 Juli 2019

Serunya Menghabiskan Waktu di Perpustakaan Umum Surabaya

Beberapa waktu yang lalu kami mendapatkan info dari salah satu grup Whatsapp tentang keberadaan perpustakaan umum yang ada di Surabaya. Menurut kabar yang ada, katanya sih di perpustakaan ini, kita bebas masuk, bebas meminjam buku dan tentunya ada area khusus untuk anak-anak. Setelah menyampaikan hal ini ke suami, akhirnya hari ini kami berhasil juga mengunjungi perpustakaan umum Surabaya ini.

Perpustakaan Umum Kota Surabaya
Alamat: Jl. Gubernur Suryo No.15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271
Jam buka: Setiap hari pukul 07.30 - 20.30 WIB.
Telepon: (031) 5349844
Provinsi: Jawa Timur

Pintu Masuk Perpustakaan Umum Surabaya
Pertama kali tiba di perpustakaan ini, keliatan dari luar bahwa di dalam sudah sangat nyaman sekali. Saat membuka pintu kaca (lihat gambar atas), kita disambut dengan berbagai buku yang tersusun rapi layaknya toko buku ternama. Kesan perpustakaan yang bukunya hanya tersusun ala kadarnya, tidak akan ditemukan di perpustakaan ini.

Sebelum masuk ke area dalam, kita wajib menitipkan makanan dan minuman pada penjaga. Sama seperti perpustakaan lain, tidak boleh membawa makanan / minuman masuk ke dalamnya. Selain makanan dan minuman, kita juga bisa menitipkan barang lain, misalnya tadi saya menitipkan gendongan Abdul Barr.

Jika ingin bertanya sesuatu, meminjam dan mengembalikan buku, maka silahkan datangi bagian pelayan. Pusat pelayanan ini berada di bagian depan kok. Oh iya, untuk meminjam buku di perpustakaan ini, kita hanya perlu memperlihatkan KTP. Jika KTP yang kita punya adalah KTP Surabaya, maka tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Namun jika KTPnya merupakan KTP luar Surabaya, maka kita harus menitipkan jaminan berupa uang sejumlah 100rb rupiah yang akan dikembalikan seluruhnya setelah buku kembali. Selain itu, kita juga hanya diizinkan meminjam satu buku saja ya selama satu minggu.
Kondisi dalam perpustakaan
Bisa lesehan juga
Meski di akhir pekan, perpustakaan ini termasuk sepi menurutku. Hanya ada beberapa orang yang bersedia menghabiskan waktu disini membaca buku. Bahkan sayangnya saya mendapati seorang pria yang tidur dipangkuan seorang perempuan di korean corner. Apa mungkin saking ademnya ya sampai bisa tertidur pulas. Soalnya di perpustakaan ini benar-benar full ac dan sangat bersih. Selama beberapa jam menghabiskan waktu disana, berkali-kali seorang petugas mondar mandir dengan sapunya, membersihkan lantai.

Koean Corner
Bagian kesukaan saya di perpustakaan ini adalah Korean Corner, di sisi ini terdapat berbagai buku sains yang dikemas dengan gambar yang menarik seperti komik. Sebenarnya literasi seperti ini sangat cocok untuk anak yang sudah mampu membaca dengan baik. Selain ceritanya menyenangkan, dapat berbagai ilmu juga.

Seperti yang terlihat pada foto, terdapat patung yang memakai hanbok, pakaian adat Korea (sisi kiri untuk wanita dan kanan untuk pria). Di dalam sudut ini juga terdapat tv, dvd dan beberapa cd yang tidak begitu saya perhatikan tentang apa dan hanya bisa diputar dengan izin penjaga (yang belum saya tau cara meminta izinnya bagaimana).

Kids Corner
Nah, sementara sudut favorit Qifaya tentu saja di bagian anak-anak. Pada bagian ini ada begitu banyak buku anak. Terdapat juga 2 buah komputer namun tidak menyala saat itu. Lantainya dilapisi evamat sehingga lumayan empuk buat anak-anak duduk lesehan.

Salah Satu Rak Buku Anak
Buku-buku anak tersusun begitu rapih, Di bagian ini ada seorang petugas yang sigap untuk merapikan bagian di rak buku yang terhambur oleh tangan-tangan kecil pecinta buku.

Komputer Games Edukasi Anak
Nah, di bagian depan kids corner terdapat 2 buah komputer khusus untuk anak yang isinya permainan edukasi yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Qifaya juga menghabiskan waktu yang lumayan lama di bagian ini. Kebetulan sekali screen time dia hari ini belum ada sama sekali.

Banner Literasi Ceria
Satu hal yang menarik perhatian saya pada kids cornet, terdapat satu banner yang berisi informasi bahwa di tempat ini diakan literasi ceria setiap hari Sabtu pada waktu tertentu (gambar di atas terlampir). Hal ini bisa menjadi pertimbangan buat kami agar datang di hari Sabtu untuk mengikuti kegiatan ini. Cukup menarik untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan anak-anak, melihat jaman ini anak-anak kurang tertarik dengan buku melainkan video di Youtube.

Nah, sekian dulu ya jalan-jalan kali ini. Semoga lain waktu bisa mereview tempat lainnya. Terakhir, ada ole-ole foto nih dari Abdul Barr.

Bagian Depan Perpustakaan Umum Surabaya

Pelatarannya sangat luas, bisa jadi tempat berlarian anak-anak

0 komentar:

Posting Komentar