Jumat, 26 Juli 2019

Liburan Seru di Dino Park, Jatim Park 3 Malang

Beberapa waktu lalu saat ibu saya berkunjung ke Surabaya, karena niat beliau ingin merasakan naik kereta api, jadi saya membawanya ke stasiun terdekat yaitu Malang. Sampai disana, kebetulan sekali bawa anak-anak ikut serta bersama kami, so sekalian saja kami mengunjungi Jatim Park 3, setelah 3 tahun lalu kami pernah berkunjung ke Jatim Park 2. Wahana bermain yang memang belum pernah saya dan anak-anak kunjungi.

Bundaran depan loket dan pintu masuk dino park
Dino Park - Jatim Park 3
Alamat : Jl. Ir. Soekarno No.112, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65236
Jam Buka : 11.00 - 18.00
HTM : 75rb rupiah (anak di bawah 85cm GRATIS)

Transportasi

Jatim Park 3 ini sebenarnya berlokasi di kota Batu. Waktu itu kami menaiki transportasi kereta api dari kota Surabaya dan turun di stasiun baru kota Malang, lalu naik taksi online menuju Jatim Park 3. Jika kita berkendara dari stasiun baru kota Malang, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit - 1 jam perjalanan untuk sampai di Jatim Park 3 ini. Jarak tempuh kira-kira 13 km dan jika menggunakan taksi online biayanya sekitar 57rb-65rb, tergantung kondisi jalanan pada saat itu.

Sebenarnya lokasinya cukup dekat dari kota Malang, berhubung Malang merupakan kota kecil jadi cukup mudah untuk mencapai berbagai wisata di kota Batu. Oh iya, jika ingin mengunjungi beberapa tempat wisata di kota Batu, disana juga tersedia transportasi gratis yang disediakan oleh pengelola yang memang rutenya hanya menuju tempat-tempat wisata disana, misalnya Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, dll.

Jatim Park 3

Saat baru memasuki lingkungan ini, rasanya kok agak mirip dengan memasuki Trans Studio. Jatim Park 3 ini sangat mirip dengan mall di bagian luarnya, terdapat beberapa tempat makan, gramedia, bahkan indomaret. Nah, di beberapa spot lokasi ini dijadikan tempat wisata oleh pengelola. Misalnya ada museum musik, infinite world, Fun Tech Plaza, The House of Zombie dan Dino Park yang saya kunjungi. Diantara semua wahana itu memang Dino Park lah yang paling besar dan paling cocok untuk anak-anak.

Harga tiket masuk untuk setiap wahana pun berbeda, bisa dibeli satu-satu sesuai wahana yang ingin kita masuki, atau bisa juga membeli tiket terusan yang tentunya lebih murah. Nah, jika kita hanya ingin berjalan-jalan di luar wahana, maka tidak dikenakan biaya apapun.

Dino Park

Lokasi Dino Park sendiri berada 1 level di bagian bawah mall Jatim Park 3 itu sendiri. Untuk turunnya kita harus menggunakan tangga manual atau eskalator. Cukup sulit jika membawa stroller, yang mana petugas satpamnya tidak begitu sigap membantu untuk membawa stroller. Seharusnya ada elevator yang tersedia untuk ibu yang membawa stroller atau kah bisa menggunakan eskalator lurus agar ibu-ibu yang menggunakan stroller atau kah bagi yang membawa orang tua berkursi roda bisa dengan mudah untuk memasuki wahana Dino Park ini.
Odong-odong dino

Harga naik odong-odong dino
Di bagian depan pintu masuk Dino Park ini terdapat wahana mini alias odong-odong berbentuk dino, bayarannya di luar harga tiket masuk. Lumayan menyenangkan untuk anak-anak sih menurutku, tapi lumayan ribet bagi orang tua karena petugasnya tidak menemani anak berkeliling dengan odong-odong itu alias self service.

Lokasi pembelian tiket juga berada di depan pintu masuk Dino Park, kebetulan waktu itu saya membeli tiketnya di Traveloka. Saya pikir harganya beda jauh, namun ternyata hanya beda 3rb rupiah saja :D Baiklah wkwkwk... Untuk loket tiket pun terpisah antara loket biasa dengan loket traveloka.
Loket biasa ada 5, loket traveloka hanya 1
Di pintu masuk Dino Park sebenarnya tertulis "Dilarang Membawa Makanan/Minuman dari Luar" tapi ternyata pas saya masuk dengan membawa tas ransel gede, kresek di bawah stroller dan juga ibu saya membawa tas lumayan besar, petugas pintu masuk sama sekali tidak memeriksa tas kami. Ya meskipun di dalam tas kami isinya hanya pakaian, tapi rasanya sayang juga tadi kok gak bawa cemilan dari luar ya hehehe..

Pas masuk, kita akan disambut oleh patung bergerak dinosaurus, kemudian disusul dengan rangka-rangka imitasi dinosaurus. Bagian sini masih indoor dan sejuk, setelah masuk kereta 5 jaman, ruangannya sudah mulai terbuka alias outdoor. Kalau mau naik kereta lima jaman ini, bisa kok bawa stroller. Nanti duduknya paling depan saja ya, soalnya di bagian depan ada space lumayan besar yang bisa ditempati stroller atau kursi roda. Jika tak ingin naik wahana ini, bisa di skip kok.
Kereta 5 Jaman
Jika tidak mau berjalan kaki mengitari dino Park ini, disana juga tersedia persewaan e-bike yang harganya 150rb per 3 jam, jika melebihi waktu yang ditentukan maka akan dikenakan biaya 65rb tiap jamnya.
Waktu itu kami hanya sewa 1 e-bike karena adek B didorong pake stroller
Menurutku, dino park ini lebih mirip dengan theme park karena di dalamnya ada begitu banyak wahana permainan untuk anak, hanya saja tema yang digunakan adalah dinosaurus. Selain itu disana juga terdapat banyak patung dinosaurus, baik yang diam membantu ataupun yang bergerak-gerak.

mirip play land gitu

ayunan model kapal bajak laut

Ayunan ini khusus untuk anak kecil

Bumper car
Waktu itu kami bermain disana hanya 3 jam saja, pas banget dengan jam pengembalian e-bike nya wkwkwk karena selain ibu saya capek, kasian adek B juga sampai tertidur di strollernya dan tentu saja theme park outdoor begini di siang hari panasnya minta ampun. Memang wajib bawa payung atau sekedar topi lebar.

Oh iya, disana juga menjual berbagai souvenir bertema dinoasurus. Nah, untuk lebih jelasnya bagaimana keseruan bermain di Dino Park Jatim Park 3, silahkan cek video di bawah ini ya....


0 komentar:

Posting Komentar