Rabu, 24 Juli 2019

Puzzle Alfabet: Belajar Mengenal Huruf Dengan Permainan Kartu

Sudah berkali-kali saya mencoba mengenalkan alfabet pada kakak Q, tapi hasilnya luar biasa, doi sama sekali tidak tertarik. Mulai dari buku, flash card, alfabet kayu, sampai saya menempel alfabet di tangga rumah. Semuanya nihil, kakak Q ogah banget melirik alfabet itu. Apalagi kalau dikasih buku, disuruh duduk dan menulis. Doi bete banget dan segera ingin mengakhiri proses belajar alfabet.

Setelah sekian banyak cara yang saya gunakan agar kakak Q mengenal alfabet, akhirnya entah mengapa saya tiba-tiba kepikiran menggunakan kartu buatanku sendiri. Saya mengingat bahwa kakak Q adalah anak yang sangat senang bermain puzzle dan permainan sejenisnya. Jadi saya mendesign permainan kartu puzzle yang menyenangkan untuk kakak Q.
Puzzle Alfabet

Cara Cetak Puzzle Alfabet

File puzzle ini silahkan dicetak di atas kertas karton atau sejenis, saya menggunakan yang ukuran A4 dan dalam satu ukuran kertas A4 dicetak 4 kartu. Setelah itu lapisi bagian atas kertas dengan isolasi bening agar kartu lebih awet. Jika suka, bagian belakang kartu juga bisa dilapisi isolasi bening. Lalu potong pinggiran kartu, dan bagian tengah kartu yang sudah ada garis titik putih. Setelah itu, kartu siap dimainkan bersama.
Block semua item, lalu klik kanan dan pilih print
Pilih yang dilingkar merah, pastikan kertas di set ukuran A4

Cara Main Puzzle Alfabet

Cara mainnya sangat mudah, persis dengan permainan kartu joker yang waktu kecil sering saya sebut dengan permainan "monyet". Dimana satu kartu disimpan dan lainnya dibagikan kepada 2 atau lebih pemain, kemudian setiap kartu dicocokkan satu sama lain agar menjadi pas. Kartu yan dipegang tiap pemain yang tidak mempunyai pasangan, akan diambil bergantian satu per satu oleh lawan main. Pemain terakhir yang mendapatkan kartu tanpa pasangan adalah yang kalah. Nah, kartu tanpa pasangan ini sebenarnya pasangannya adalah "monyet" yang disembunyikan diawal.

Permainannya lumayan seru, sampai kakak Q berkali-kali minta main ini dan akhirnya sedikit demi sedikit doi mulai paham dengan alfabet. Dalam sehari, kami bisa bermain kartu ini sampai minimal 5x. Kakak Q doyan banget pokoknya.

Insya Allah dalam waktu dekat saya juga akan membuat puzzle huruf hijaiyyah, tergantung situasi dan kondisi saya. Doakan saya sehat selalu dan bisa membuat puzzlenya yaa.. Insya Allah pasti akan saya bagikan secara cuma-cuma.

Oh iya, kartu ini memang saya design tanpa ada gangguan lain misalnya kartun dan sejenisnya. Memang sengaja di design dengan tampilan polos, agar anak-anak lebih fokus pada huruf-hurufnya.

0 komentar:

Posting Komentar