Rabu, 27 Februari 2019

Mendidik Anak Dengan Kekuatan Fitrah

Tidak terasa sudah memasuki Nice Homework 4 di perkuliahan Intstitut Ibu Profesional Batch 7 ini. Rasanya makin lama saya makin tertatih-tatih mengerjakan tugasnya. Selain karena tingkat kesulitannya yang makin lama makin tinggi, kondisi keseharian plus tubuh juga membuat saya harus mencuri-curi waktu untuk mengerjakan tugas ini.

Baiklah, tak usah panjang lebar, pada NHW 1 saya pernah menulis bahwa saya ingin mendalami jurusan ilmu kehidupan di departemen kesabaran. Yah, i know it was weird. Sepertinya semua orang butuh itu. Setelah merenung beberapa waktu, saya merasa ilmu kehidupan disini adalah branding diri ya? Seperti yang pernah dikatakan oleh seseorang di kelas, yang saya lupa siapa, memberikan gambaran tentang Tintin Rayner, yang sukses dengan masak-masaknya. Okay, I got it.

Jika memang ini tentang branding diri, sepertinya saya benar-benar ingin membranding diri saya dengan "seorang ibu yang membesarkan anak-anaknya dengan baik dan benar". Mulai dari makanan yang mereka makan, keputusan yang saya ambil selama proses membesarkan mereka, pendidikan mereka, sampai hal detail lain selama itu berhubungan dengan proses membesarkan anak-anak saya.

Lalu, apa kabar dengan NHW 2 tentang checklist harian? Well, jujur diantara semua yang pernah saya tulis, checklist terberat yang belum bisa saya laksanakan sampai detik ini adalah membaca buku. Saya belum menemukan celah waktu dimana saya bisa pergunakan untuk membaca buku, karena saya adalah seorang ibu rumah tangga tanpa ART dan nanny serta belakangan ini kondisi kesehatan saya dan anak-anak tidak begitu baik. Selain itu, sholat tepat waktu pun masih lumayan sulit saya laksanakan di beberapa waktu misalnya dhuhur dan ashar.

Misi hidup: memberikan inspirasi ke ibu lain bahwa membesarkan anak itu menyenangkan, termasuk menyediakan gizi yang cukup untuk mereka juga menyenangkan dan tak perlu mahal.
Bidang: Nutrisi dan Pendidikan Anak
Peran: Inspirator.

Adapun ilmu-ilmu yang saya perlukan untuk menjalankan hidup seperti yang saya sebutkan di atas adalah, sebagai berikut:

  1. Ilmu Ibu Profesional : Bunda Sayang, Bunda Cekatan, Bunda Produktif, Bunda Shaleha.
  2. Ilmu Nutrisi Anak : Gizi apa saja yang diperlukan untuk anak.
  3. Ilmu Homeschooling : Usia dini dan usia sekolah.
Milestone yang saya tetapkan untuk memandu perjalanan misi hidup saya dimulai dari KM 0 di tahun 2019, yaitu di usia saya yang ke 29 tahun.
KM 0 - 1 (2019) : Mempelajari seputar nutrisi anak dan pendidikan anak usia dini, mempraktikkannya dengan memberikan nutrisi bagi anak-anak saya dan pendidikan usia dini bagi mereka.
KM 1 - 2 (2020) : Menjaga terus nutrisi bagi anak-anak saya dan terus meneruskan pendidikan anak usia dini bagi anak-anak saya.
KM 2 - 3 (2021) : Menjaga terus nutrisi bagi anak-anak saya dan mempelajari pendidikan anak usia sekolah. Memulai mendaftarkan anak pertama saya di PKBM untuk memasuki homeschooling usia sekolah. Terus menjadi praktisi homeschooling.
KM 3 - 4 (2022) : Tetap menjaga nutrisi anak-anak saya, membuatnya bahagia belajar dan terus menjalankan peran sebagai ibu dan sahabat bagi anak-anak saya.

Untuk koreksi checklist NHW 2, saya harus menambahkan membaca buku tentang nutrisi dan pendidikan anak.

Sekian postingan kali ini yang sebenarnya sudah sangat terlambat untuk dikumpulkan. 


0 komentar:

Posting Komentar