Rabu, 27 Februari 2019

Learning Design - Membuat Design Belajar Untuk Diri Sendiri

Baru saja saya selesai (telat) mengumpulkan tugas NHW 4, berhubung anak-anak lagi adem sama suami, saya sekalian mau mencoba mengerjakan NHW 5 ini. Oh iya, awalnya saya bingung nih bagaimana mengerjakan NHW 5 ini. Tapi terima kasih google, saya menemukan tugas NHW mbak Amaliah Rahmah dan saya mencoba untuk membuat hal yang mirip, tinggal menyesuaikan dengan misi saya sebelumnya.

Design Pembelajaran V1
Learning design ini diberikan nama v1 karena akan berubah sesuai kebutuhan di masa mendatang. Diawali dengan peran saya di dunia ini yaitu sebagai hamba (Allah), sebagai anak, ibu dan istri (keluarga) dan sebagai salah satu anggota masyarakat. Dalam gambar di atas saya memberikan anak panah timbal balik, berarti apapun yang saya lakukan, maka akan mendapatkan timbal balik.

Adapun pondasi yang harus saya bangun dalam proses belajar, harus berdasarkan Alqur'an dan sunnah, fitrah dan ilmiah. Saya tidak mau proses belajar saya terganggu oleh hal diluar pondasi tersebut, misalnya berdasarkan katanya orang tanpa dasar ilmiah yang jelas. Sehingga saya bisa mendapatkan hasil yang sesuai harapan saya.

Sementara itu, topik pembelajaran yang ingin saya ambil, sesuai dengan misi saya di tugas nhw 4 sebelumnya, saya fokus di nutrisi anak, pendidikan anak usia dini dan sekolah. Metode yang saya gunakan bisa melalui media baca, menonton video, mengikuti seminar lalu terakhir harus praktek sendiri. Alat pembelajaran saya menggunakan buku bacaan, internet, webinar dan seminar.

Nah, saya rasa sekian dulu postingan tentang design pembelajaran saya.



0 komentar:

Posting Komentar