Senin, 21 Januari 2019

Kebiasaan Baru Qifaya : Jadi Tim Pembersih Kamar Mandi

Qifaya, anak pertamaku, beberapa hari ini memiliki kebiasaan baru yang lumayan unik. Hari itu, saat saya memintanya untuk mandi pagi, yang kebetulan sudah sejak 2 bulan terakhir sudah bisa mandi sendiri (meski belakangan harus disiram lagi karena masih banyak sabun menempel di badannya), tiba-tiba membuka pintu kamar mandi dan berteriak kecil meminta izin untuk membersihkan kamar mandi. Saya yang sendirinya malas membersihkan kamar mandi, tiba-tiba tercengang dan sedikit bahagia (akhirnya ada yang bantu wkwkwk) dan segera mengiyakan permintaan anak kecil yang satu ini.
Qifaya lagi bersihkan wc
Mungkin saja, bagi sebagian orang akan menyangka bahwa saya kok ya pemalas banget, kerjaan kayak gini kok dikasih ke anak 4 tahun (yang dalam 2 bulan jadi 5 tahun) bukannya dikerjakan sendirian saja. Bukankah anak usia segitu harusnya main aja, belajar aja. Yah, saya pemalas, saya akui tapi semalas-malasnya saya, jika anak saya meminta sesuatu yang tidak masuk akal, misal minta izin naik perbaiki genteng, tentu saya tidak akan memberikan izin, ataukah minta izin pergi belanja bulanan, ya tentu tidak. 

Bagi saya, membersihkan kamar mandi juga merupakan suatu pendidikan bagi anak. Pertama, mereka belajar kebersihan, meski pasti hasil kerjanya tidak akan sebersih hasil kerja kita orang dewasa. But yeah, setidaknya mereka mau berusaha :) Saya rasa itu sudah jauh dari kata cukup. Kedua, mereka belajar bertanggung jawab. Setiap hari menggunakan kamar mandi, masa iya tidak mau dibersihkan. Kalau bersih kan mereka sendiri yang bahagia. Ketiga, belajar fokus. Anak-anak fokus mencari mana saja kotoran yang ingin diberantas, dan yang terakhir mereka bisa bersenang-senang karena bisa main air lebih lama :)

Saya juga belum tahu, sampai kapan kebiasaan ini akan Qifaya laksanakan, yang jelas saat ini setiap pagi doi rutin membersihkan kamar mandi. Mulai dari kloset sampai lantai kamar mandi. Pesan saya hanya satu, jangan menggunakan cairan pencuci kamar mandi ya... And you know what? Dia memang tidak menggunakan cairan tersebut, melainkan menggunakan sabun mandi kami wkwkwkw berarti siap-siap menambah budget untuk beli sabun bulanan :)

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Pendapatmu?