Jumat, 07 Desember 2018

Day 1 - Kenapa Menulis Blog

Foto: connectnigeria.com
Pertama kali mengenal dunia per-blog-an (apaan nih), saat itu tahun 2007 di sekolah SMA saya. Jadi waktu itu internet baru masuk di sekolah kami. Kebetulan saya yang tertarik sekali dengan dunia komputer waktu itu, jadi semangat bolak balik perpustakaan. Soalnya waktu itu komputer yang internetnya aktif hanya di ruang perpustakaan, dan sangat beruntung karena satu sekolah yang minat sama internet hanya 2 siswa saja. Saya dan satu anak lelaki, yang saya lupa namanya (tenang saja, gak ada cerita kami jadian, kok).


Waktu itu, di sekolah kami juga selalu mangkal satu orang mahasiswa Universitas Hasanuddin yang lagi PKL apa KKN ya di sekolah kami, entahlah. Intinya, dia lah yang memperkenalkan saya kepada dunia per-blog-an ini, tapi saya juga lupa namanya siapa wkwkw. Padahal waktu itu ada kejadian tembak menembak, tapi saya malah kabur karena tidak tertarik sama doi wkwkwk..

Nah, waktu itu saya diperkenalkan dengan wordpress dan blogspot. Tampilan wordpress yang sederhana membuatku tertarik mempelajarinya. Kebetulan juga saya punya hobi menulis, jadi sedikit tersalurkanlah, daripada tulis diary di buku trus ketauan sama emmak wkwkw kan malu... Jadi waktu itu blog saya masih di private saja, untuk menyalurkan ke-baper-an diri ini. Hahahah.

Tidak lama setelah diperkenalkan wordpress, saya mulai belajar lagi dengan blogspot. Ternyata kurang lebih sama saja sih. Hanya waktu itu, mungkin karena masih baru sekali, para blogger masih "kaget" dengan kemampuan blogspot memunculkan kode-kode html di widget sidebarnya, tampilan blogspot kala itu norak banget, penuh dengan blink blink, tapi sebenarnya inilah daya tariknya waktu itu hahahaa dan saya termasuk yang tertarik karena itu.

Makin hari saya merasa, kok rasanya sia-sia banget ya saya menulis di blog tapi isinya hanya curhatan baper terus, tentang cinta pada kakak kelas yang tak terbalaskan karena saya cintanya diam-diam (ceritanya jadi secret admirer) wkwkwkw tenang saja saya juga pernah jadi remaja yang begitu. Jadi saya berpikir gimana kalau pelajaran sekolah saya tulis di blog, supaya bisa membantu orang lain menemukan jawaban atas segala doanya. Yah, namanya jaman dulu ya, hape masih pada nokia. Mau secanggih apapun kalau untuk main internet susah banget, jadi niat busuk untuk menulis blog agar bisa dipanggil pas ujian, tak mungkin ada.

Lama-lama saya share tentang tugas sekolah, kemudian saya lanjut copas tulisan blog orang lain yang ceritanya menggugah hati. Ceritanya kalo di instagram nih, REPOST. Ya, waktu itu saya senang repost, tapi kan ya belum tau gimana sih caranya jadi blogger yang baik hati dan disayang google :D

Akhirnya, saya share deh tentang pengalaman pribadi, apa saja yang telah saya lalui serta banyak tutorial tentang apa saja. Ternyata banyak yang suka dan terbantu dengan tulisan saya. Jadi senang deh, karena adanya perasaan "bermanfaat" bagi orang lain lah yang membuatku terus menulis di blog. Yah meskipun alamat blognya ganti-ganti, tapi yang penting jadi bermanfaat dulu lah :D

Nah, begitulah ceritanya kenapa saya sampai sekarang suka sekali menulis di blog. Panjang banget yak ceritanya :D Tapi begitulah blogger, bahkan sebenarnya bisa dijawab "supaya bermanfaat bagi orang lain", tapi kalo sama blogger jawabannya bisa jadi cerpen wkwkw..

Sekian dulu lah, sudah pagi disini, waktunya siapkan sarapan untuk suami dan anak-anak.



0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Pendapatmu?