Jumat, 07 September 2018

Mempersiapkan Peralatan MPASI Pertama Bayi

Kedua anak saya memiliki jarak usia yang cukup jauh, yaitu 4 tahun. Cukup lama untuk saya lupa bagaimana pengalaman MP-ASI kakak Q dulu, yah meski mungkin lebih tepatnya disebut MP-SUFOR karena kakak Q yang 90% dikenyangkan oleh susu formula. Ada beberapa hal yang saya ingat dari makanan pertama kakak Q, yaitu saya membeli blender khusus untuk makanannya, dan saya tentunya membeli buku resep. Nah, bagaimana setelah 4 tahun kemudian, apa ada yang berubah?

Saya termasuk tipe ibu yang selalu bersemangat di setiap momen pertama anak, termasuk saat kelahiran, dan tentu saja awal makan mereka. Sama halnya waktu kakak Q pertama kali makan, saya juga begitu menggebu-gebu mempersiapkan perlengkapan makan pertama adek B saat ini, bahkan sebulan sebelumnya saya sudah mencari-cari di internet apa saja yang harus saya beli dan mencatat estimasi budget yang dibutuhkan.

Hand Blender

Sewaktu kakak Q mulai makan, saya menggunakan blender phillips biasa yang ada wadahnya, agak ribet karena blender jenis itu tidak bisa menghaluskan dengan porsi kecil, dan juga harus ditambahkan air. Makanya, kali ini saya memilih menggunakan hand blender, bisa menghalukan makanan dalam porsi kecil dan setelah dicoba beberapa waktu lalu, ternyata tanpa air pun blender jenis ini mampu melumatkan makanan.

Saya memilih merk phillips untuk hand blender, saya beli di Tokopedia seharga 590rb. Awalnya saya ingin membeli yang merk little giant sih yang harganya di bawah 200rb, tapi setelah pertimbangan lagi, saya jadi menautkan pilihan di merk phillips dengan melihat pengalaman selama ini merk phillips sangat cihuy, awet pake banget. Selain itu, hand blender phillips punya 2 mata pisau, yang mana satunya bisa saya gunakan untuk keperluan dapur, satunya lagi khusus makanan adek. Multifungsi, mumpung di rumah baru belum punya blender (yang lama dijual sebelum pindah ke Surabaya).

Piring dan Mangkuk

Awalnya saya ttida berencana membeli piring khusus makan adek B, pengennya sih makan di mangkuk keramik yang ready di dapur. Tapi saya pikir lagi, bisa bahaya juga kalau sampe tiba-tiba tangan kepleset pas suapin adek, bisa-bisa kena kaki atau pecah trus pecahannya kena kakak Q, bisa gawat. Jadi akhirnya saya beli deh..

Awalnya mau jalan-jalan ke informa buat cari mangkuk makan bayi, tapi pas ke PTC, ketemu pameran kuche, nah disitulah ketemu sama sales kuche yang dulu waktu di Kendari melayani kami untuk pembelian semua produknya (sampe ingat dulu keluar duit seharga motor hanya buat beli perlengkapan dapur). Si mas sales liatin adek, alhamdulillah dikasih free mangkuk makan 1 yang ada tutupnya. Girang banget mami, batal ke informa deh.

Namun, karena godaan produk IKEA yang super duper murah dan warna pastel yang lucu, akhirnya kebeli juga set mangkuk dan piring IKEA. Harganya cuma 27rb dapat 1 set isi 6 mangkuk, begitupun dengan set piringnya. Lumayan lah akhirnya kakak Q juga jadi doyan makan pake piring itu. Bisa berbagi sama kakaknya.

Gelas Isap

Untuk gelas bayi, saya memilih model gelas isap, bukan sedotan apalagi dot. Tujuan pemberian gelas isap adalah agar nantinya adek B bisa dengan segera menggunakan gelas biasa yang ada di rumah. Awalnya sih saya mau membeli spout cup merk avent atau gak yang tommee tippee, tapi melihat ujung spoutnya yang terbuat dari silikon, saya jadi teringat dengan silikon dot kakak Q yang sering digigit-gigit hingga tampak sangat "menjijikkan". Kalau dot sih masih bagus, masih ada yang jual silikonnya, kalau spout cup? saya tanya sellernya katanya gak ada :( kan nganu banget kalo sampe silikonnya rusak, masa mau ganti semua. Akhirnya saya membeli gelas isap merk IKEA (lagi) dengan harga 45rb sajah buibu... ketimbang merk di atas yang harganya di atas 100rb, waow.

Sendok Makan

Kalau sendok makan, saya beli sudah sejak usia adek B 4 bulan. Sebenarnya waktu itu saya pesan barang secara online di uchii.id, namun barangnya pecah dan saya klaim, sellernya baik banget kembalikan duit full dan bilang tidak usah retur barangnya (padahal sudah dikemas ulang buat di retur), akhirnya saya buka lagi tokonya, beli lagi deh beberapa produk termasuk salah satunya adalah set sendok garpu bayi yang terbuat dari stainless. Lucu banget, harganya kalau gak salah sekitar 60rban. 

Celemek

Jaman kakak Q masih bayi, saya memilih celemek berbahan silikon yang alhamdulillah masih awet hingga saat ini, tapi karena warnanya cewek banget, saya memutuskan untuk membeli celemek baru buat adek B, yang mana saya memilih bahan plastik. Silikon dan plastik sebenarnya sama saja sih menurutku, soalnya sama-sama mudah dibersihkan, tidak seperti celemek yang berbahan kain, yang lumayan sulit dibersihkan. Celemek ade B saya beli seharga 9rb rupiah per pcs. Murah banget dibandingkan yang berbahan silikon yang rata-rata di atas 50rb.

Sendok Takar

Sebenarnya dulu saya punya sendok takar, tapi gak tau deh kemana pas pindah Surabaya. Mungkin sudah dikasih orang kali ya... pokoknya perlengkapan dapur gitu saya hanya bawa panci kuche aja sih, lumayan mahal soalnya harganya :D Saya merasa sendok takar sangat dibutuhkan untuk menakar apa saja termasuk evoo yang rencana akan saya masukkan ke MP-ASI ade B. 

Persiapan MP-ASI adek B dikit banget yak.. hehehe saya tidak membelikan high chair untuk bayi saya. Karena adek punya stroller kok, dia bisa duduk disitu selagi makan, toh dia belum bisa makan sendiri. Kalau sudah bisa makan sendiri, paling juga duduk di kursi makan.

Untuk panci dan slow cooker, saya memang sengaja tidak beli. Alasannya, saya masih ada panci di rumah dan insya Allah setiap selesai masak, saya selalu mencuci bersih pancinya. Makanan adek B nanti juga rencananya akan saya buat dari makanan keluarga, apa yang kami makan di rumah itu juga yang akan dia makan, bukankah begitu sebenarnya prinsip utama dalam MP-ASI?

Kalau dihitung, total belanja mami untuk keperluan perlengkapan MP-ASI ade B tidak sampai 800rb ya.... Wah... sekali lagi mami berhasil berhemat nih :D

Nah, demikian lah persiapan MP-ASI anak saya. Bagaimana denganmu, mams?

2 komentar:

  1. semuanya udah punya kecuali hand belender nih pengen belu apa ga yah hehehe awal bulan depan anakku 6 bulan soalna mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. cepat bgt mbaaa belinya :D kalo aku harusnya hari ini makan, cm anak kena gabak jdi dokternya blg tunda dulu makanx

      Hapus

Bagaimana Pendapatmu?