Senin, 06 Agustus 2018

Serunya Berakhir Pekan di Kebun Binatang (Bonbin) Surabaya

Dua pekan lalu, kami sekeluarga menghabiskan akhir pekan di kebun binatang Surabaya atau lebih dikenal dengan sebutan bonbin atau KBS. Sebelumnya pernah ada berita ya bahwa binatang-binatang yang ada di Kebun Binatang Surabaya ini sangat memprihatinkan. Tapi setelah membaca dan melihat beberapa review dari blogger dan youtube-er lain, saat ini kebun binatang surabaya sudah sangat bagus dan sangat cocok dijadikan tempat wisata bagi anak-anak.

Salah satu spot di KBS
Untuk sampai ke kebun binatang Surabaya, dari rumah saya yang berada di Surabaya Barat, kami menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit menggunakan grab car, bayarnya kalau gak salah waktu itu sekitar 50rban rupiah. Waktu itu kami tidak melewati jalan tol karena sekalian ingin tahu jalan di Surabaya. Pas pulang baru menggunakan jalan tol dimana hanya memakan waktu di bawah 30 menit saja.

Kebun Binatang Surabaya
Alamat : Jalan Setail No. 1, Darmo, Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241
Tiket Masuk : 15rb rupiah
Buka : 08.00 - 17.00

Peta Lokasi KBS
Setelah membayar karcis masuk, kita diminta untuk memakai karcisnya yang digelangkan di pergelangan tangan, kita akan menemukan peta lokasi yang sangat besar. Nah dari peta lokasi ini, kita bisa mencari dimana saja lokasi hewan yang ingin kita kunjungi.

Waktu itu, karena sebelum ke KBS kami ikut kegiatan bersama komunitas HeBAT Surabaya sejak pagi, untuk menghilangkan lelah, kami beristirahat sejenak sambil menikmati kue yang dikasih sama panitia acara HeBAT. Waktu itu saya agak sedikit menyesal, kenapa tidak bawa bekal dan tikar dari rumah ya. Soalnya disana ada banyak sekali orang yang piknik dengan membawa bekal sendiri dan menggelar tikar di bawah pepohonan. Sejuk keliatannya.

Oh iya, selain melihat para satwa di kandangnya masing-masing, di KBS ada juga wahana naik gajah dan unta. Hanya saja waktu itu wahana naik gajah lagi full antrian, jadi kakak Q gak sempat naik deh. Nah, berhubung naik untanya lagi sepi, akhirnya kakak Q berhasil naik unta :D 15rb sekali putar.

Hanya bisa memandang gajah yang tersenyum

Yay, berhasil naik unta
Selain wahana naik satwa, ada juga permainan outbond untuk anak-anak, naik perahu dan sepertinya ada wahana lainnya yang tidak sempat saya lihat karena sudah kecapekan. 

Outbond 10rb sepuasnya

Naik perahu
Kesan selama berada disana, sangat bahagia. Hanya dengan 15rb rupiah saja, anak-anak sudah bisa belajar banyak tentang satwa. Tempatnya juga cukup nyaman, banyak pepohonan untuk berteduh. Oh iya, di dalam juga banyak penjual makanan sih, tapi saya agak gimana ya soalnya tempat makannya dekat dengan kandang yang mana bau eek satwanya tercium :D Alhasil, sepulang dari sana kami mampir ke tunjungan plasa untuk santap siang menjelang sore.

Background-nya ada monyet

Lagi rame, kakak Q sempat2nya kena jepretan

Nih sudah ada tulisan jangan memberi makan satwa, tapi masih saja dikasih

Meriam legendaris, katanya sudah tua banget

Lion palsu, kakak Q tetap takut heheh
Akhir kata, saya sangat merekomendasikan kebun binatang ini, sebenarnya kami masih punya banyak sekali file foto selama di KBS, tapi rasanya agak gimana kalau mau di upload semua heheh.. Mungkin beberapa hewan terlihat masih kurus, tapi trust me, tidak semudah itu membuat gemuk ratusan hewan. Setidaknya mereka telah berbenah sebaik mungkin. 

Jadi, jika ingin melihat KBS lebih baik lagi, ayo dong datang ke Surabaya dan kunjungi KBS, beli tiketnya agar uang tiketnya bisa digunakan untuk mengelola kebun binatang ini.

Semoga tulisan saya bermanfaat ya... saya tunggu cerita kalian selama di kebun binatang surabaya.