Review Gendongan Easy Wrap Baby K'Tan

Melahirkan anak kedua merupakan pengalaman baru bagi saya. Semuanya sangat berbeda dibandingkan dengan anak pertama dulu. Waktu habis melahirkan anak pertama, lingkunganku mendoktrin agar tidak menggendong anak agar tidak terbiasa digendong. Alhasil, si kakak Q hingga saat ini memang tidak begitu suka digendong. Padahal penelitian lebih lanjut mengatakan bahwa menggendong sangat bermanfaat bagi si bayi. (silahkan googling).

Melahirkan secara caesar membuat saya harus bolak-balik ke dokter untuk memeriksakan kondisi bekas operasiku. Tidak tanggung-tanggung, saya harus memeriksakan bekas luka hingga usia anak saya satu bulan. Berhubung adek B full direct breast feeding a.k.a menyusui di badan secara langsung, otomatis adek B harus ikut serta kemana pun saya pergi.

Awalnya saya hanya menggendongnya tanpa alat bantu, tapi rasanya lenganku seperti mati rasa ketika menggendong di atas 5 menit. Akhirnya saya kepikiran untuk membeli gendongan kaos berbentuk sling instan yang lagi kekinian, namun rasanya kurang cocok untuk newborn karena satu lengan masih dimanfaatkan untuk menahan leher bayi yang masih belum kuat.

Kemudian saya coba searching di google dan menemukan baby wrap. Rasanya kok bagus, terlihat sangat nyaman bagi si baby, namun karena gendongan berbentuk wrap berupa kain panjang yang dililit di tubuh si ibu, rasanya sangat ribet jika harus saya gunakan. 

Saya hampir menyerah, saya buka-buka facebook dan tiba-tiba muncul iklan baby wrap merk Baby K'Tan beserta harganya. Saya kaget melihat harganya yang tidak sama dengan baby wrap pada umumnya yang hanya berkisar 100rban. Saya berpikir gendongan wrap macam apa ini, kenapa dijual dengan harga di atas biasanya, pasti produk impor. 

Benar saja, ternyata Baby K'Tan adalah gendongan wrap impor, harga belinya tergantung beli dimana. Saya pribadi membelinya di tokopedia dengan harga 520rb rupiah untuk yang original. Oh iya, gendongan ini ada beberapa jenis ya, ada yang breeze, active, dan original. Kebetulan saya mendapatkan tipe original untuk size yang saya pakai. Waktu itu karena buru-buru akan segera digunakan pulang ke tanah rantau, akhirnya gak milih tipe dan warna lagi deh, yang penting muat.

Gendongan Baby K'Tan Original Eggplant. M-shape / Hug Positition
Pertama kali memegang gendongan ini, kainnya benar-benar soft. Terbuat dari kain katun, namun katunnya sangat berbeda dengan gendongan katun dari Indonesia. Benar-benar nyaman buat si ibu dan si bayi, loh!

Gendongan ini disebut easy wrap karena memang tidak perlu lilitan yang banyak untuk menggunakannya. Gendongan ini terdiri dari dua kain yang sudah dijahit kemudian disatukan dengan cincin dari kain juga (ngerti gak sih heheh ribet baget ya). Intinya untuk menggunakan gendongan ini, kita tidak perlu lilitan yang sangat banyak seperti gendongan wrap pada umumnya.

Selain itu, gendongan ini juga sangat nyaman digunakan untuk newborn, sama sekali tidak akan menggaggu pertumbuhan si bayi karena kita bisa menggunakan posisi kangguru saat menggendong bayi kecil. Untuk bayi usia 2 bulan ke atas, kita sudah bisa menggunakan posisi M-Shape atau hug position. Oh iya, tas gendongan ini bisa dibuka untuk dijadikan bagian dari gendongannya untuk dipakai jadi bentuk M-shape.

Gendongan Baby K'Tan Original Eggplant. Newborn / Kangoro Positition
Menggunakan gendongan baby k'tan, saya bisa menggunakan tangan saya untuk hal yang lain, misalnya masak, mencuci piring, menyapu atau sambil mengangkat barang. Intinya tangan jadi bebas digunakan untuk hal yang lain tanpa takut leher bayi yang belum kuat jadi kemana-mana.

Oh iya, saya menggunakan ukuran M untuk berat badan 69kg (jangan ketawa ya, ini sudah turun 15kg) dan tinggi badan 160cm. Tapi rasanya kok agak longgar ya. Tapi gak papalah.. jika berat badanku turun nanti, bisa dijahit untuk diperkecil.

Saat menggunakan gendongan ini rasanya cukup nyaman di bahu. Namun tidak bisa dipungkiri jika digunakan dalam waktu yang lama, rasanya pegal juga. Untuk si bayi, saya perhatikan adek B tidur dengan sangat nyaman saat digendong dengan gendongan ini, apa mungkin karena usianya masih 2 bulan, ya? Entahlah, intinya gendongan ini cukup nyaman bagi ibu dan bayi.

Nah, sekian review saya tentang gendongan easy wrap Baby K'Tan. Bagaimana, tertarik mencoba, mams? Semoga membantu, ya!

mamsqi.com
Instagram: mamqifaya
herva yulyanti mengatakan... Balas

nah ini mb aku juga sama baru aja lahiran cesar pula skrg anakku 1,5 bln senengnya digendong mulu digeletak di stroller jg ogah punya gendongan biasa tapi sakit bahu baca ini jadi pengen beli

Posting Komentar

Bagaimana Pendapatmu?

My Instagram

Copyright © Mamsqi. Blogger Templates Designed by OddThemes