Kenali Tanda Kakak Cemburu Pada Adik

Dua hari yang lalu, adek B telah diimunisasi HIB dan Polio, dimana setelah imunisasi si adek jadi demam dan sangat rewel. Hal ini berarti waktu saya tersita sangat banyak untuk mengurus adek B dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Saya tidak menyangka bahwa kakak Q merasa cemburu pada adek B karena hal ini. Saya tahu kakak Q cemburu, sejak kakak Q menunjukkan gambarnya padaku.

Hari itu, hari dimana adek B sangat rewel karena imunisasi. Sedikit-sedikit adek B nangis, minta gendong, minta peluk dan tidak mau disusui. Sedikit saja kaki bekas suntiknya disentuh, bahkan di ujung jarinya, adek langsung menangis kesakitan hingga menjerit-jerit. Melihat bayi usia 2 bulan yang nangis terus menerus disertai dengan demam yang lumayan tinggi dan tidak mau menyusu, membuatku makin stress. Ditambah lagi kakak Q yang ikut-ikutan mencari perhatian dengan terus-menerus mengajakku bermain.

Salahku memang, sedikit-sedikit kakak membuat suara gaduh, saya pasti menegurnya dengan nada yang agak tinggi. Tubuhku sudah kelelahan kala itu, sangat lelah. Sejak pagi hingga sore, tak sekalipun saya berbaring, saya hanya menggendong adek B bahkan sambil membuat makanan untuk kakak Q. 

Sampai suatu waktu, kakak Q mengambil kertas dan mulai menggambar. Setelah selesai, kakak Q menghampiriku dan menunjukkan gambarnya. Saya bertanya, "ini siapa, sayang?" lalu kakak Q menjawab sambil terus melihat gambarnya, "ini kakak sama mami, pegangan tangan." 

Gambar kakak biasanya, adek sedang digendong sama mami
Gambar kakak dimana hanya ada mami dan kakak

Mendengar jawabannya saya kaget, tidak biasanya kakak Q menggambar tanpa ada adik di sisinya. Lalu saya bertanya, "loh, adek sama abati mana?" dan jreengggg jawaban kakak Q benar-benar membuatku merasa bersalah, "adek sama abati pergi jauh, hilang."

Saya langsung berkaca-kaca mendengar jawaban kakak Q, saya sadar bahwa kakak Q sedang cemburu pada adik. Mungkin kakak Q sadar bahwa tidak biasanya mami menolak ajakan bermain dan menghabiskan waktu lebih banyak daripada adik. Hari itu juga saya banyak menegur kakak dengan membawa-bawa nama adik, misalnya "tolong kakak jangan ribut, adik lagi tidur." Saya tidak sadar bahwa perkataan itu bisa melukai perasaannya dan membuatnya cemburu pada adik. Sejak melihat gambar itu, saya langsung memeluknya dan memberitahu pada suami agar memberikan perhatiannya pada si kakak saja sampai adik benar-benar sehat.

Kecemburuan kakak pada adik adalah hal yang wajar, yang tidak wajar adalah saat orang tua tidak sadar dengan kecemburuan itu dan tidak berusaha untuk mengatasinya. Kecemburuan kakak Q pada adek B pertama kali saya lihat saat adek B lahir, waktu itu kakak jadi murung saat saya diantar suster ke kamar perawatan. Kakak agak takut mendekatiku dan akhirnya bertanya kemana saja saya selama ini dan mana si adik.

Mengatasi kecemburuan ini pun sebenarnya mudah. Sebaiknya orang tua jangan pernah menyalahkan si kakak atas sesuatu demi si adik, misalnya "adik nangis gara-gara kakak", hindari penggunaan kata negatif ya, mams. Selalu gunakan kalimat positif, misalnya "adek sayang sama kakak, kakak juga sayang ya sama adik.". 

Ingat juga untuk selalu mengajak si kakak dalam mengurus adik, tapi jika kakak tidak mau, jangan dipaksa. Memaksa si kakak mengurus adik, hanya akan membuatnya berpikir orang tuanya hanya menyayangi adik saja.

Ceritakan kisah kakak waktu kecil. Misalnya, "dulu waktu kakak kecil juga seperti ini, kakak juga sering minta gendong kalau sakit", dll. Hal ini akan membuat si kakak berpikir bahwa ternyata dirinya juga dulu diperlakukan sama seperti adik saat ini.

Nah, sekian postingan kenali tanda kakak cemburu pada adik. Jaga hati anak-anak kita ya mams agar kakak beradik selalu saling menyayangi hingga ajal menjemput. Semoga bermanfaat

mamsqi.com
Instagram: mamqifaya
herva yulyanti mengatakan... Balas

i feel u mba anak bayiku lg seneng digendong karena sakit perut dan aku jd esmosi when si sulung teriak2 ku sedih krn baru aja sukses nidurin eh kebangun lagi hahaha akhirnya si sulung ngambek dan aku jg sama ceritain gmn dulu sisulung kecil digendong dan nangis akhirnya dia ngerti 😁

Fany Febriany mengatakan... Balas

@herva yulyanti:kadang gemes jg ya mba pas si kk nyari2 perhatian pas adek rewel. tapi kasian jg sih sebenarnya

Posting Komentar

Bagaimana Pendapatmu?

My Instagram

Copyright © Mamsqi. Blogger Templates Designed by OddThemes