Sabtu, 11 November 2017

Memilih Dokter Spesialis Kandungan di Kendari

foto: ilustrasi doc pribadi RSIA Ananda Makassar

Sudah 4 tahun lebih saya berdomisili di Kendari, sudah dua kali juga saya menghabiskan beberapa bulan kehamilanku di kota ini. Berada di kota rantau memang agak sedikit unik ya dibandingkan dengan berada di kota kelahiran sendiri. Kenapa? karena semuanya serba baru, mulai dari suasana hingga kita diwajibkan menjadi sedikit sibuk mencari tempat untuk memenuhi kebutuhan kita, termasuk diantaranya adalah dokter spesialis kandungan.

Kendari sendiri adalah kota kecil dengan jumlah kendaraan yang tidak begitu banyak, yang berarti jalanan disini belum pernah saya dapati macet, semacet di Makassar. Begitu pun dengan dokternya, disini tidak begitu banyak dokter spesialis, setau saya. Yah, setidaknya tidak sebanyak di Makassar. Nah, saya akan membahas satu-satu dokter spesialis kandungan yang pernah saya kunjungi ya.

dr. Juminten Saimin, SpOG

Perawakannya mungil, berjilbab dan berbucara cukup jelas dan cepat. Beliau praktek di apotik Alfa Farma, Jalan A. Yani No.149, Mataiwoi, Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93117. Terakhir konsultasi saya sama beliau sekitar 4 tahun lalu. Waktu itu biaya cekup hanya 100rb rupiah, namun untuk mencetak hasil USG, dikenakan biaya tambahan sebesar 50rb rupiah. Suplemen yang dikasih selalu yang paten, yang berarti kita harus merogoh kocek lebih banyak jika harus berobat kesini. Oh iya, jika ingin kesini sebaiknya harus mendaftar 2-3 hari sebelumnya, karena pasien beliau sangat banyak.. Pernah saya mendapat giliran jam 12 malam loh, dan dengar-dengar beliau bisa melayani pasien disini sampai jam 3 subuh!

dr. Indra Magda Tiara SpOG,M.kes

Perawakan beliau tinggi dan berbadan ideal, masih muda dan cantik serta kalem. Perkiraan saya sekitar 30an awal. Dokter ini perempuan ya mams... Beliau praktek di  Apotek Nila Farma Jl. Mayjen Sutoyo 97 Kendari Kendari. Selama kehamilan kedua ini saya memang rutin perika dengan beliau. Biaya cekup sama beliau ini relatif terjangkau ya, saya pernah bayar 150rb-190rb rupiah, tapi rata-rata 170rb rupiah, sepertinya tergantung tindakan di dalam deh. Terakhir bayar 190rb rupiah karena waktu itu saya sekalian di cek bagian vagina apakah ada infeksi atau tidak. Biayanya sudah termasuk cetak hasil USG.

Satu hal yang paling saya suka ketika periksa dengan beliau, dokter ini menjelaskan isi perut kita dengan seksama. Pernah saya di USG sampai 10 menit, beliau menjelaskan semuanya sampai memperdengarkan suara detak jantung dan mengedukasi kita normalnya bagaimana dan punya si janin bagaiamana. Setelah USG pun beliau dengan sabar menjelaskan apa yang ingin kita ketahui, dan bagusnya beliau tanya di rumah ada obat apa saja biar gak dikasih double obat lagi. Untuk periksa disini saya sarankan mendaftar 1-2 hari sebelumnya, pasiennya tidak sebanyak dokter juminten sih tapi jika tidak ingin datang di atas jam 9 malam, ada baiknya daftar di hari sebelumnya.

dr. Eka SpOG

Perawakan dokter eka kecil, agak gemuk dan lumayan cerewet :D tapi ya cerewet yang positif, dokter ini sangat supel dan bisa curhat dengan pasien. Waktu itu saya bertemu karena beliau kebetulan dokter pengganti di praktek dokter indra, saat postingan ini diterbitkan, dokter indra sedang pendidikan dan hanya praktek di hari sabtu, selebihnya dokter penggantilah yang menggantikannya. 

Selain di tempat dokter Indra, dokter Eka juga punya tempat praktek sendiri loh, saya lupa nama rumah sakitnya, itu yang ada di depan RM Ibu Dewi dan di RSB yang di Lepo-lepo. Beliau juga cukup cakap menjelaskan isi perut kita di USG dan dari dokter ini kemarin saya ketauan alergi micin hehehe... jadi selama hamil saya kena pilek terus, cek per cek saya alergi MSG dan si dokter malah ikutan curhat bahwa dulu waktu beliau hamil juga sama alergi MSG, so she decided to start healthy food. Yah, saya juga jadi disarankan untuk makan makanan sehat, jangan jajan di luar lagi. Hiks, padahal selama hamil ini saya sering beli makanan jadi di luar karena kondisi badan yang memang sangat drop.

Yah, untuk saat ini saya hanya bisa share 3 dokter saja, karena kenyataannya memang di Kendari saya baru konsultasi dengan 3 dokter spesialis kandungan ini. heheh Jadi mams, pilih yang mana? 

6 komentar:

  1. Salam kenal, infonya sangat membantu sekali. Kalau boleh tau, apa di kendari atau di kota sekitarnya ada dokter dengan gelar SpOG (k) ?

    BalasHapus
  2. @Unknown: maaf saya kurang tau kalo yg SpOG (k)

    BalasHapus
  3. Makasih infonya, kebeneran saya baru beberapa bulan di kendari.. Lagi cari2 dokter kandungan coz lagi hamil 1 bulan. Tks

    BalasHapus
  4. Maaf jl mayjen sutoyo itu daerah mana?
    Sy masih baru di kendari tidak tau jln

    BalasHapus

Bagaimana Pendapatmu?