Friday, July 21, 2017

Kehamilan Trisemester I : Supplemen Untuk Ibu Hamil

Hasil USG 6 minggu
Semalam saya mengunjungi dokter spesialis kandungan untuk memeriksakan kondisi kehamilan saya. Untuk pertama kalinya pada kehamilan kedua ini, saya dapat kepastian hamil dari dokter. Usia kandungan juga jadi lebih jelas. Sebelum berangkat, saya mengingat untuk membawa supplemen minyak ikan andalan saya dan keluarga untuk ditunjukkan kepada dokter apakah layak saya konsumsi selama hamil. Setelah melihatnya, dokter mempersilahkan untuk melanjutkan suplemen tersebut serta menambahkan beberapa suplemen lain. Nah, apa saja suplemennya?

Suplemen

Marine Omega

Marine omega merupakan produk dari pharmanex nuskin, mengandung omega 3 dengan krill oil. Suplemen ini kaya akan EPA dan DHA yang dibutuhkan janin dalam perkembangan otaknya. Suplemen ini juga berfungsi untuk mengurangi mual ibu hamil. Sebelum menkonsumsi ini, saya sering merasa mual, namun setelah menkonsumsinya alhamdulillah rasa mual itu tidak muncul lagi. Dosis yang disarankan untuk ibu hamil trisemester pertama adalah 1 softgel per hari. Harga yang ditawarkan adalah 582rb rupiah isi 120 softgel.


Hi-Bone

Hi-bone merupakan produk lokal yang diproduksi oleh PT Otto Pharmaceutical Industries. Suplemen ini berguna untuk menambah kalsium. Pada trisemester pertama, janin sangat membutuhkan asupan kalsium yang cukup untuk membantu pertumbuhan tulangnya. Dosis yang disarankan adalah 1 kaplet per hari. Harga 195rb rupiah isi 30 kaplet. Harga bisa berbeda tergantung apotik yang bersangkutan ya.

Folavit

Folavit merupakan suplemen asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Asam folat dibutuhkan guna menghindari cacat pada janin kelak. Oleh sebab itu, ibu hamil atau yang berencana akan hamil, disarankan menkonsumsi asam folat. Dosis yang dianjurkan adalah 2 tablet per hari. Sebenarnya asam folat bisa didapatkan dari menkonsumsi susu ibu hamil, namun karena saya kurang suka dengan rasa susu hamil, jadi saya lebih memilih menkonsumsi suplemennya saja. Harga folavit terbilang cukup murah yaitu 10rban saja per stripnya.

Nah, sekian suplemen yang dibutuhkan oleh ibu hamil trisemester pertama. Semoga membantu dan sehat selalu ya bumil...

0 comments:

Post a Comment

Bagaimana Pendapatmu?