Variabel Nol Akhirnya Dikeluarkan Secara SAH

Dua malam saya bergelut dengan uji asumsi klasik, entah itu uji normalitas K-S yang bermasalah, uji multilinearitas atau uji heteroskedastisitas. Intinya selalu bermasalah. Data tidak normal, akhirnya saya transformasi dengan Ln(X+1) soalnya data saya banyak angka nol nya, setelah normal, muncul lagi masalah VIF berada di atas 10! Tidak lama ada pemberitahuan dari SPSS bahwa ada dua variabel yang tidak bisa diproses karena konstan. Ughhh... bikin stress ya.. 

Akhirnya, pagi ini saya hub pembimbing dan menyampaikan kegalauan hati saya tentang pengolahan data ini. Saya menyampaikan bahwa apakah 2 variabel X saya bisa dikeluarkan karena angkanya memang nol semua setelah dikeluarkan outliers. Variabel ini adalah indikator dari tata kelola perusahaan, yaitu kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial. Memang sih pada perusahaan mining yang list di BEI, kebanyakan sahamnya dimiliki oleh asing.

Untitled
Gambar: dokumentasi pribadi

Gambar di atas adalah penampakan data mentah saya setelah di lakukan pool dataMemang terlihat banyak banget data berangka nol nya, ya kan? Kalaupun disana ada angka yang saya garis merah, mereka hanya akan menjadi outliers, dikeluarkan. Jadi setelah mereka dikeluarkan, ya tentu saja yang lain hanya akan menjadi angka kosong yang tiada berarti, spss akan keluarkan secara otomatis, ga bisa dihitung, soalnya ya angka nol mau di log berapapun, diakar berapapun meski sudah di transformasi Ln(x+1) ya tetap aja ga bisa diolah sama spss.

Jadi, dalam penelitianku ini yang berjudul "Peran profitabilitas dalam memediasi pengaruh tata kelola perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan", resmi variabel kepemilikan intitusional dan manajerial dikeluarkan ya.. Jangan ada lagi dendam diantara kita.

Posting Komentar

Bagaimana Pendapatmu?

My Instagram

Copyright © Mamsqi. Blogger Templates Designed by OddThemes