Thursday, April 13, 2017

Manfaat Gadget Bagi Anak 3 Tahun, Ada Loh!

Anak saya usia 3 tahun dan dia bermain gadget. Mulai dari phablet, smartphone, hingga ipad, laptop juga sih kadang-kadang. Bermain bukan berarti dibebaskan memilih apapun yang dia inginkan dan kapanpun dia minta. Anak saya bermain gadget sesuai dengan arahan saya. Tanpa izin, dia tidak akan berani.

Saya memberikan batas 10-15 menit (2x sehari) setiap dia bermain gadget, saya menyetel alarm di gadget yang dia pakai. Ketika alarm berdering, dengan besar hati dia mengembalikannya. Saat bermain gadget juga, saya hanya membukakan youtube dengan channel edukasi, learning color, abcd, dll. Terakhir kali, saya mengizinkan nonton mengenai bentuk-bentuk benda, segitiga, segiempat, lingkaran, dll. Hasilnya? anak saya langsung praktek, loh. Bukan hanya kali ini sebenarnya, setiap abis nonton, anak saya suka langsung praktek, hanya saja caranya yang berbeda-beda.

Jadi, waktu itu saya sedang bekerja di depan laptop, di samping saya si doi lagi melepas satu per satu jemuran pakaian dia, tidak lama doi minta izin pakai handphone yang katanya untuk berfoto, ternyata oh ternyata anak saya ingin memotret hasil karyanya membuat segitiga..

17861636_10210549162979226_16408796738668206_n
Foto: dokumentasi pribadi
Q: "Mami, mami mami... bole injam ape?" (boleh pinjam hape?)

M: "untuk apa nak?"

Q: "nyau toto itu, tra...engel..." (mau foto itu, triangle) sambil nunjuk hasil karya dia.

M: "Masya Allah, boleh dong sayang"

Dan beginilah hasil jepretan anak saya :D traaa engell...

Gadget bisa bermanfaat juga ternyata ya jika kita sebagai orang tua bijak dalam penggunaannya. Saya pribadi tidak pernah memberikan gadget saat anak saya sedang "ngamuk" soalnya nanti kalo mau minta lagi, dia pasti ngamuk deh... Saya akan memberikan gadget dengan beberpa kondisi dan harus disertai, setiap dia mau ganti channel, harus laporan ke mami, apakah boleh nonton itu atau tidak sama sekali. Dan peraturan ini mutlak, tidak fleksibel.

0 comments:

Post a Comment

Bagaimana Pendapatmu?