Thursday, April 13, 2017

Lakukan Ini Sebelum Input Data Ke SPSS

Akhirnya kegalauan tentang pooling data yang sempat saya tulis sebelumnya, terjawab juga. Hari ini saya dikasih contoh bagaimana cara pool data oleh pembimbing saya. Beserta cara-caranya. Nah, untuk mengikat ilmu, jadilah saya menulis di blog ini heheh :D Okay, let us do this.

FYI, saya menuliskan tesis berjudul "Peran Profitabilitas dalam Memediasi Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI 2013-2015". Saya menggunakan data bersumber dari ICMD dan Laporan Keuangan yang diambil di Bursa Efek Indonesia. Nah, data awal saya berupa serangkaian angka-angka yang tertera seperti gambar di bawah ini:


Data 01
Gambar: dokuementasi pribadi

Nah, dari data yang di atas, belum bisa dimasukkan ke dalam SPSS, kenapa? ya karena susunannya SALAH, totally wrong! Trus caranya gimana? Buka sheet baru, kemudian bikin format seperti di bawah ini:

Pool Data
Gambar: dokumentasi pribadi
Jadi, datanya ditarik turun ke bawah. Untuk melakukannya tinggal copy dan paste transpose. Maka otomatis data yang kamu copy sebelumnya bisa di paste dengan format ke bawah. Lakukan semuanya beserta variabel terkait penelitian.

Transpose Data
Gambar: dokumentasi pribadi

Nah, sekian dulu dari saya. Nanti insya Allah lanjut lagi ya...

1 comments:

Variabel Nol Akhirnya Dikeluarkan Secara SAH – Mamsqi said...

[…] di atas adalah penampakan data mentah saya setelah di lakukan pool data. Memang terlihat banyak banget data berangka nol nya, ya kan? Kalaupun disana ada angka yang saya […]

Post a Comment

Bagaimana Pendapatmu?